Inilah mengapa pinjaman koperasi masih diminati hingga saat ini!

Inilah mengapa pinjaman koperasi masih diminati hingga saat ini!

Biasanya koperasi sangat erat hubungannya dengan lembaga keuangan pada masa lalu, pengguna koperasi ini biasanya orang tua. Termasuk untuk pinjaman koperasi. Koperasi sendiri merupakan lembaga keuangan non bank yang berbadan hukum.

Semua itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012. Pada umumnya koperasi didirikan oleh masyarakat dan dikelola oleh anggotanya. Masing-masing anggota ini telah berkontribusi pada perkembangan koperasi. Mengapa koperasi dikatakan lebih baik daripada beberapa layanan keuangan lainnya? Inilah alasannya!

Keunggulan Koperasi Dibandingkan Jasa Keuangan Lainnya

Bunga Relatif Terjangkau

Beberapa koperasi yang ada umumnya menerapkan tingkat bunga yang tidak jauh berbeda dengan pinjaman di bank. Kementerian Koperasi dan UKM menetapkan tingkat bunga pinjaman koperasi sekitar 7% per tahun. Tingkat bunganya juga sama dengan bunga Kredit Usaha Rakyat atau biasa dikenal dengan KUR.

Persyaratan Pengiriman Lebih Mudah

Berbicara mengenai persyaratan pinjaman, tentunya melalui pinjaman koperasi persyaratan pengajuannya lebih mudah daripada mengajukan di bank. Kemudahan lainnya, jika sudah bergabung dengan koperasi terlebih dahulu, tentunya proses dan persyaratannya akan lebih mudah.

Dapatkan Penghasilan Residual (SHU) Setiap Tahun

SHU adalah sisa hasil usaha, biasanya SHU ini akan dibagikan sesuai kesepakatan yang dibuat di awal perjanjian. Biasanya SHU ini akan didistribusikan setiap tahun. Nah, jika Anda menjadi anggota koperasi, maka Anda bisa menikmati sisa penghasilan (SHU) setiap tahun.

Selain kelebihan tersebut, koperasi resmi dan berbadan hukum merupakan koperasi yang memiliki kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti:

Menjalankan Kegiatan Hukum Koperasi

Koperasi simpan pinjam memiliki aturan dan ketentuan yang telah diatur dalam undang-undang. Beberapa kegiatan koperasi yang legal dan dapat dilakukan oleh koperasi antara lain:

Menggalang dana dari anggota

Meminjamkan kepada anggota

Menempatkan dana di koperasi sekunder

Lalu apakah koperasi sekunder itu? Koperasi Sekunder adalah Koperasi yang anggotanya adalah Koperasi. Koperasi sekunder ini mempunyai kegiatan yang tidak jauh berbeda dengan kegiatan koperasi pada umumnya. Bedanya, koperasi sekunder tidak memperbolehkan pemberian dana pinjaman kepada perorangan. Sisanya sama dengan koperasi simpan pinjam pada umumnya.

Setelah berbicara tentang kelebihan dan aktivitas yang biasa dilakukan oleh koperasi, sekarang saatnya membahas apa saja syarat menjadi anggota dan dapat mengajukan pinjaman koperasi.

Persyaratan menjadi anggota koperasi

Menjadi anggota koperasi membutuhkan beberapa syarat, namun yang perlu diperhatikan adalah syarat menjadi anggota koperasi di setiap koperasi berbeda-beda. Oleh karena itu, berikut beberapa syarat umum menjadi anggota koperasi:

Status Warga Negara Indonesia (WNI)

Keanggotaan sebagai individu, bukan sebagai badan usaha

Sepakati aturan koperasi, mulai dari anggaran hingga kewajiban membayar, baik simpanan wajib maupun simpanan pokok

Ketika menjadi anggota koperasi, biasanya anggota ini diharuskan membayar simpanan pokok. Tabungan pokok ini biasanya dibayarkan hanya sekali. Sedangkan setiap bulannya, anggota memiliki kewajiban untuk membayar simpanan wajib. Kemudian, beberapa koperasi juga memberikan simpanan sukarela yang serupa dengan simpanan dengan nominal dan frekuensi yang telah ditentukan.

 

Koperasi juga memberikan pinjaman yang biasanya dilakukan oleh pengurus koperasi di bank atau lembaga keuangan lainnya. Pinjaman koperasi ini berguna untuk kebutuhan mendadak anggotanya.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi?

Menjadi anggota koperasi

Yang pertama tentu saja bergabung menjadi anggota koperasi, sebelum mengajukan pinjaman. Dengan menjadi anggota koperasi, pengajuan pinjaman menjadi lebih mudah dan prosesnya lebih mudah. Setelah mengajukan pinjaman biasanya akan diberikan formulir untuk mengajukan pinjaman lengkap dengan persyaratan yang diperlukan.

Ajukan Pinjaman Koperasi dengan Rekomendasi

Jika ada teman atau kerabat yang tergabung dalam koperasi tentunya akan lebih mudah mendapatkan pinjaman koperasi ini, karena mereka bisa membantu merekomendasikan pinjaman yang diajukan. Pastikan Anda memiliki catatan keuangan yang baik agar lebih mudah untuk disetujui.

Data Administratif Lengkap

Terakhir kelengkapan data administrasi seperti formulir lamaran yang telah diisi, fotokopi KTP, jika sudah menikah biasanya dilampirkan fotokopi KTP pasangan. Kemudian beberapa dokumen lainnya seperti kartu keluarga, slip gaji dan lain-lain. Ketika Anda telah menyelesaikan semuanya, tunggu saja hasilnya.

Anda memahami hal-hal tentang pinjaman koperasi, bukan? Kini Anda bisa mempertimbangkan koperasi sebagai tempat menyimpan dan membuat aplikasi pinjaman.

You May Also Like

About the Author: Arif Nugroho

Leave a Reply